You are here : Home More Alumni

Ancaman virus corona menjadi tantangan tersendiri bagi Wahriyadi dan para relawan pendamping pasien TBC di Kota Makassar. Rentannya imunitas para pasien membuat mereka perlu melakukan pendekatan khusus dalam pendampingan di tengah pandemi Covid-19 ini. Secara tidak langsung, mereka harus ikut menjamin pasien TBC yang mereka dampingi agar tetap aman dari penularan Covid-19.


Berangkat dari hal tersebut, Wahriyadi, Kordinator Program TB Care Aisyiah Makassar sekaligus pemenang LEAD Indonesia 2019, menginisiasi kegiatan retraining peningkatan skill relawan terkait pendampingan pasien TBC di tengah pandemi Covid-19. Kegiatan yang juga menjadi agenda dari Breakthrough Project LEAD Indoneia 2019 ini, dilaksanakan pada tanggal 1-2 Mei 2020 di Gedung Serbaguna Aisyiyah, Makassar. Kegiatan pelatihan ini diikuti oleh 20 orang relawan yang dibagi dalam 4 kelas sambil tetap menerapkan physical distancing.


Adapun materi yang diberikan ialah seputar pengenalan covid-19 serta panduan pencegahan dan protokol kesehatan untuk penyakit virus dan infeksi TBC. Materi ini diberikan oleh dr. Muzdalifah yang merupakan dokter dari Muhammadiyah Command Covid Center (MCCC) Sulawesi Selatan. Harapannya, kegiatan ini bisa menjadi bekal para relawan dalam melakukan penyuluhan ke masyarakat dan pasien TBC yang juga terdampak Covid-19.

 

Homevisit ke Sejumlah Pasien TBC

Sebagai bentuk tindaklanjut dari retraining yang telah dilakukan, di tanggal 3-8 Mei 2020 Wahriyadi bersama para relawan melakukan homevisit atau kunjungan ke rumah pasien TBC guna memberikan edukasi terkait TBC dan Covid-19. Edukasi tidak hanya diberikan kepada pasien dan keluarganya saja, tapi juga diberikan kepada masyarakat luas.

Selain melakukan penyuluhan door to door, relawan juga membagikan 250 paket sembako kepada para pasien untuk membantu pemenuhan gizi di tengah pandemi. Diharapkan melalui kegiatan ini masyarakat menjadi teredukasi sehingga terhindar dari penularan Covid-19 dan mengurangi beban ekonomi mereka akibat pandemic.

 

Pembagian Parsel kepada Para Relawan

Sebagai bentuk apresiasi atas kiprah para relawan, pada 21 Mei 2020 bertempat di Gedung PUDAIS Makassar, TB Care Aisyiyah Sulawesi Selatan memberikan paket hadiah hari raya kepada 20 orang relawan.


Menurut Wahriyadi, apresiasi ini sebagai bentuk rasa terima kasih kepada kader-kader atau relawan yang tetap semangat bekerja dalam menemukan kasus dan mendampingi pasien walaupun di tengah situasi pandemi Covid-19.


“Walaupun sama-sama terkena dampak Covid-19, kehadiran relawan sangat berarti untuk memberi support, baik dukungan motivasi, edukasi, ataupun nutrisi kepada para pasien agar tetap menjalani pengobatan. Para kader tetap melakukan homevisit sambil membagikan paket sembako yg didapatkan dari hasil fundrising ke beberapa lembaga selama pandemi Covid-19 terutama pada bulan suci Ramadhan,” Kata Wahriyadi.


“Semoga kegiatan yang telah dilakukan ini dapat merawat semangat dan motivasi para relawan untuk terus menebar kebaikan,” ujarnya lagi.

#LeadForAll
Lead Indonesia 2019